Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 3

ini adalah lanjutan dari arikel Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 1 dan Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 2.

pada part 2 saya membahas tentang air magic, tool yang ada di ubiquiti. pada kesempatan ini saya akan membahas Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 3 di mikrotik. produk ubiquiti dan mikrotik adalah kedua produk yang sering saya gunakan. Jadi kalau di tanya masalah performa antara kedua produk tersebut maka saya belum bisa membandingkan, karena kedua produk tersebut memiliki kelebihan masing – masing

bagamaimana cara mengatasi interferensi wireless ?, caranya adalah menganti wireless protocol

Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 3

pengaturan wireless protocol yang ada di mikrotik terdiri dari 3 (802.11, nstream, dan nv2). Sebelum artikel ini saya tulis, website mikroti.co.id sudah melakukan percobaan untuk membandingkan diantara tiga tersebut mana yang lebih baik. Hasil perbandingan tersebut, dinyatakan  bahwa protocol nv2 bisa menghasilkan throughput lebih besar dari pada 802.11 dan nstream.

apakah nv2 pasti lebih baik dari pada 802.11 dan nstream ?, jawabnya belum tentu. Pengalaman pribadi saya ketika tingkat interferensi mulai tinggi terkadang nv2 tidak bisa menghasilkan throughput yang besar. Sehingga saya lebih memilih menggunakan nstream atau 802.11.

agar kalian bisa menentukan wireless protocol mana yang bisa menghasilkan throughput besar, maka ikutilah cara berikut ini

1. Pengaturan di sisi Station

di sisi station kalian pilih wireless protocol any (artinya sisi station mendukung semua wireless protocol). isitilah begini, sisi station pasti mengikuti apa saja yang atur di sisi Access Point. Kalau di sisi Access Point menggunakan nv2 maka sisi station akan mengikutinya, begitu juga ketika sisi Access Point menggunakan nstream maka sisi station akan mengikutinya.

Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 3

2 Pilih wirless protocol dan lakukan pengujian

di sisi Access Point kalian bisa mencoba satu persatu di antara 3 wireless protocol tersebut mana yang bisa menghasilkan throughput besar. Setelah di pilih lakukan pengujian dengan cara bandwidth test dari sisi Access Point menuju Station.

Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 3

sebagai tambahan jangan lupa untuk menentukan frequency yang “kosong” agar hasil test dan throughput bisa maksimal. Untuk penjelasan detail tentang apa itu 802,11, nstream, dan nv2, kalian bisa baca di mikrotik.com atau mikrotik.co.id

demikian artikel tentang cara Cara Mengatasi Interferensi Wireless Part 3, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *